Cari Artikelmu

Sabtu, 09 Oktober 2010

Mengenal Meteorologi

Pada postingan sebelumnya,telah kita bahas tentang pengertian meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Kali ini kita akan coba sedikit lebih mengenal mengenai Meteorologi.

Meteorologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari atau membahas pembentukan dan gejala perubahan cuaca serta fisika yang berlangsung di atmosfer. Dalam ilmu meteorologi itu sendiri terdapat beberapa subbagian, antara lain:
1. METEOROLOGI SYNOPTIK
Yakni bagian dari ilmu meteorologi yang menitik beratkan pada gejala perubahan cuaca serta fisis yang terjadi di atmosfer pada skala ruang yang luas (100 s/d 5.000 km) dan dengan skala waktu harian hingga mingguan. Dalam mempelajari meteorologi sinoptik hampir tak lepas dari penggunaan peta sinoptik sebagai media bantu (semacam peta yang digunakan untuk menggambarkan hasil pengamatan parameter cuaca di seluruh wilayah yang mengadakan pengamatan cuaca di seluruh dunia).
2. METEOROLOGI AEROLOGI
Yakni bagian dari ilmu meteorologi yang menitik beratkan dalam pengkajian keadaan cuaca atau fisis atmosfer lapisan atas permukaan bumi (secara vertikal).
3. METEOROLOGI PENERBANGAN
Yakni bagian dari ilmu meteorologi yang mempelajari dan membahas keadaan cuaca untuk keperluan penerbangan.
4. METEOROLOGI MARITIM
Yakni bagian dari ilmu meteorologi yang mempelajari dan membahas keadaan cuaca untuk keperluan pelayaran / pelayanan informasi maritim.
5. METEOROLOGI PERTANIAN
Yakni bagian dari ilmu meteorologi yang mempelajari dan membahas keadaan cuaca untuk keperluan informasi kegiatan pertanian.

Yang menjadi objek pengamatan dalam meteorologi adalah atmosfer itu sendiri dengan unsur-unsurnya yang berupa suhu udara, kelembaban udara, tekanan udara, angin, per-awan-an, penyinaran matahari, dan curah hujan.

Selanjutnya, dalam mempelajari ilmu meteorologi, pasti tidak akan lepas dari beberapa istilah seperti cuaca, iklim, dan musim. Berikut pengertiannya :
  • Cuaca : Keadaan fisik atmosfer pada suatu saat (waktu tertentu) di suatu tempat, yang dalam waktu singkat (pendek) berubah keadaannya, seperti panasnya, kelembabannya, atau gerak udaranya
  • Iklim : Peluang statistik keadaan cuaca rata-rata atau keadaan cuaca jangka panjang pada suatu daerah, meliputi kurun waktu beberapa bulan atau beberapa tahun
  • Musim : Rentang waktu yang mengandung fenomena (nilai sesuatu unsur cuaca) yang dominan atau mencolok
Ilmu meteorologi sangatlah menarik untuk dipelajari. Selain menarik, ilmu ini juga sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. So,gak ada ruginya untuk menambah pengetahuan kalian ttg cabang ilmu yg satu ini…

by : red
berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar